Judul : Korelaasi antara strategi mengajar oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII DI Sekolah Menengah Pertama
A. Latar Belakang
• Harapan : agar dapat mewujudkan prilaku dan dapat menjadi contoh bagi semua siswa.
• Kenyataan : bahwa masih ada siswa yang datang terlambat saat sudah masuk kelas, masih terdapat siswa yang tidak memakai pakaian dengan rapi,masih ada siswa yang rebut di kelas saat diskusi
B. Masalah dan Sub Masalah
• Masalah:
Apakah terdapat korelasi antara strategi mengajar oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII dan Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Sintang.
• Sub masalah
1. Bagaimanakah cara mengajar oleh guru pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII dan sekolah menegah pertama negeri 1 sintang
2. bagaimanakah disiplin belajar dalam pembelajaran pada siswa kelas VIII DI SEKOLAH Menengah pertama negeri 1 sintang.
3. apakah terdapat korelasi antara strategi mengajar oleh guru pendididkan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di sekolah menengah pertama negeri 1 sintang
C. Tujuan umum dan khusus:
• Tujuan umum :
Untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan objektif mengenai korelasi antara strategi mengajar oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII DI Sekolah menegah pertama negeri 1 sintang.
• Tujuan khusus :
1. Strategi mengajar oleh guru pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Sintang
2. Disiplin belajar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Sintang.
3. Korelasi antara strategi mengajar oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII DI SMPN 1 Sintang.
D. Manfaat penelitian :
1. Manfaat teoritis : diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan, khususnya mata pelajaran pendidikan pancasiladan kewarganegaraan.
2. Manfat praktis :
a. bagi guru
b. bagi siswa, dan
c. bagi sekolah
E. Hipotesis :
1. Hipotesis alternative (Ha)
Terdapat korelasi antara strategi mengaja oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Sintang.
2. Hipotesis Nol (Ho)
Tidak terdapat korelasi antara strategi mengajar di oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan disiplin belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Sintang
F. Ruang lingkup:
• Variabel
1. variable bebas : strategi mengajar, dengan aspek-aspek :
a. Membuat scenario untuk menciptakan kerja sama
b. Dapat bekerja sama
2. Variabel terikat a; disiplin belajar siswa, dengan aspek-aspek
a. disiplin membaca buku pelajaran
b. disiplin mengikuti proses pembelajaran
c. disiplin mengerjakan tugas.
• Defenisi operasional
a. strategi mengajar
b. disiplin belajar siswa
G. Metode dan bentuk penelitian
1. Metode :
a. Metode filosofis
b. Metode deskriftif
c. Metode historis
d. Metode eksperimen
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (pemecahan masalah)
2. bentuk penelitian
a. studi survey (survey studies)
b. studi hubungan (interrelationship studies)
c. studi perkembangan (deplomental studies)
H. Populasi dan Sampel
1. Populasi
1 orang guru PKn dan 51 orang siswa
2. sample
51 orang siswa
I. Teknik dan alat pengumpul data
1. Teknik pengumpulan data:
a. teknik observasi langsung
b. teknik observasi tidak langsung
c. teknik komunikasi langsung
d. teknik komunikasi tidak langsung
.e. teknik pengukuran
f. teknik studi documenter
2. alat pengumpul data
a. angket
b. panduan wawancara
c. panduan observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar